Jumat, 08 April 2011

Definisi Komposer Musik

Komposer musik dalam multimedia adalah orang yang dapat menciptakan music, biasanya menggunakan notasi music untuk interpretasi dan memainkannya. Composer musik biasanya juga pencipta lagu. Composer dibutuhkan untuk membuat lagu tema (theme song) dan soundtrack produk multimedia. komposer musik atau Spesialis audio bertanggung jawab mencari dan menyeleksi musik tenaga berbakat, menjadwalkan recording session, dan membuat material rekaman digital dan mengeditnya ke dalam file computer

Spesialis audio adalah penyihir yang membuat program multimedia menjadi hidup, mendesain dan membuat
musik, narasi pengisi suara, dan efek suara. Mereka menjalankan berbagai fungsi elemen audio dalam tim multimedia dan dapat pula memperoleh bantuan dari seseorang atau banyak orang seperti komposer, insinyur audio, atau teknisi rekaman.

“Komposer” istilah ini sering digunakan untuk merujuk kepada komposer musik instrumental, seperti yang ditemukan di klasik, jazz atau bentuk lain dari seni dan musik tradisional. Dalam musik populer dan rakyat, komposer biasanya disebut penulis lagu, karena musik umumnya mengambil bentuk sebuah lagu. Sejak pertengahan abad ke-20, istilah ini telah diperluas untuk mengakomodasi pencipta musik electroacoustic, di mana komposer langsung membuat bahan sonik dalam salah satu dari berbagai media elektronik. Hal ini berbeda dari komposisi instrumental, di mana pekerjaan diwakili dengan skor musik untuk ditafsirkan oleh artis.

Komposer musik yang terkenal

Salah satu komponis dunia yang terkenal adalah Wolfgang Amadeus Mozart, sedangkan komponis Indonesia yang cukup berperan besar antara lain adalah Erwin Gutawa, Yovie Widianto, Aminoto Kosin, Billy J Budiardjo, Adi MS, Didi AGP, Slamet Abdul Syukur, Amir Pasaribu, Tony Prabowo, Ben Pasaribu, Gatot Danar Silistyanto, Tony Maryana dan Christanto Hadijaya.

Wolfgang Amadeus Mozart yang bernama asli Johannes Chrysostomus Wolfgangus Gottlieb Mozart (lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 – meninggal di Wina, Austria, 5 Desember 1791 pada umur 35 tahun) adalah seorang komponis. Ia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara. Contoh karyanya adalah opera Don Giovanni dan Die Zauberflote. Banyak dari karya Mozart dianggap sebagai repertoar standar konser klasik dan diakui sebagai mahakarya musik zaman klasik. Karya-karyanya diurutkan dalam katalog Kochel-Verzeichnis.

0 komentar:

Posting Komentar